Perspektif global tentang Kesehatan Digital
Amsterdam, Belanda
DURASI
2 Weeks
BAHASA
Bahasa inggris
KECEPATAN
Waktu penuh
TENGGAT WAKTU APLIKASI
15 Apr 2025*
TANGGAL MULAI PALING AWAL
16 Jun 2025
BIAYA PENDIDIKAN
EUR 1.780 / per course **
FORMAT STUDI
Campuran
* Batas Waktu Beasiswa OKP 01/06/2023
** hanya untuk minggu 1: 750 EUR
pengantar
Kursus campuran dua minggu ini menawarkan pengenalan dan gambaran umum tentang kesehatan digital, termasuk penekanan kuat pada bagaimana pada kenyataannya, fungsi kesehatan digital dalam berbagai pengaturan. Peserta akan membahas bagaimana intervensi kesehatan digital dapat membantu mendorong tiga tujuan Cakupan Kesehatan Universal dan Pengembangan Tujuan Berkelanjutan untuk lebih banyak orang dengan biaya lebih rendah di berbagai tempat di negara-negara berpenghasilan tinggi, rendah, dan menengah. Program ini membahas analisis seperti apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan intervensi kesehatan digital, yang pemangku kepentingan.
Kursus ini terakreditasi TropEd dan dapat diikuti sebagai kursus yang berdiri sendiri atau sebagai modul lanjutan dari Magister Kesehatan Internasional. Minggu pertama dapat diikuti sebagai kursus yang berdiri sendiri, di mana kami menawarkan sertifikat kehadiran.
Kursus baru ini diselenggarakan bersama dengan Amsterdam Health and Technology Institute (AHTI) dan bekerja sama dengan sejumlah mitra lain: Pharmaccess , Joep Lange Institute , Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGD), Smarthealth Amsterdam , dan Waag, Technology & Masyarakat .
Isi
Isi kursusnya adalah:
- Mendefinisikan kesehatan digital, prinsip dan klasifikasi
- Peluang dan batasan untuk kesehatan digital di LMICs
- Mensurvei permintaan dan kelayakan solusi kesehatan digital
- Panduan implementasi intervensi kesehatan digital
Tujuan
Minggu 1:
Pada akhir minggu pertama, peserta akan dapat:
- Menjelaskan prinsip dan konsep kesehatan digital, termasuk efek kesehatan digital pada perilaku kesehatan dan sistem kesehatan.
- Diskusikan intervensi kesehatan digital sebagai sarana untuk mengatasi tantangan kesehatan dalam pengaturan yang berbeda.
- Diskusikan peluang dan batasan yang dibawa oleh intervensi kesehatan digital sambil memberikan Cakupan Kesehatan Universal di negara-negara berpenghasilan tinggi, rendah, dan menengah.
- Mengenali dan menangani masalah etika dan tata kelola data yang terkait dengan kesehatan digital.
Minggu 2:
Pada akhir minggu pertama, peserta akan dapat:
- Mengembangkan strategi pemecahan masalah strategis menggunakan kesehatan digital untuk mengatasi tantangan di sektor kesehatan.
- Menggabungkan keterampilan teknis, analitis, dan jaringan untuk mengembangkan dan menanamkan intervensi kesehatan digital dalam pendekatan sistemik.
- Kembangkan dan evaluasi alat dan strategi digital potensial dalam pengaturan yang berbeda (mengakui karakteristik, kekuatan, kelemahan, dan kinerjanya saat diimplementasikan).
Metode pembelajaran
Kursus ini dirancang dalam model yang inovatif – mirip dengan hackathon dan sprint data, seringkali merupakan pendekatan standar untuk mengembangkan keterampilan teknis. Dalam metodologi “sprint”, sambil mempelajari konsep dasar, peserta juga dapat memperoleh dan mengembangkan proyek pengembangan keterampilan terapan untuk mengatasi masalah kesehatan yang sebenarnya. Kami mendorong literasi perangkat dan korpus, mengalokasikan waktu yang cukup untuk persiapan kursus, tutorial langsung, laboratorium praktis, dan interaksi dengan mitra, fasilitator, dan ceramah utama.
Kami merencanakan berbagai kegiatan untuk melatih pengetahuan teoretis tentang kesehatan digital dan memiliki gambaran umum tentang keterampilan praktis yang diperlukan untuk memahami, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi intervensi kesehatan digital. Menggunakan Perspektif Pembelajaran Aktif, karakteristik utama dari kursus ini adalah strategi “langsung”, yang memungkinkan peserta untuk menerapkan selama kursus pengetahuan yang mereka peroleh secara real-time. Sifat lokakarya minggu kedua adalah kesempatan untuk bekerja dalam kasus-kasus skenario nyata yang menantang.
Minggu 1
Keynotes berfokus pada konsep-konsep kunci dari kursus; Tutorial paralel adalah sesi praktis yang bertujuan untuk memperkenalkan bidang atau teknik DH tertentu; Lab dan pekerjaan terpandu adalah momen di mana siswa memiliki kesempatan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari untuk mencoba memecahkan masalah praktis.
Minggu 2
Keynote; tutorial paralel; Lab, dan pekerjaan yang dipandu selama minggu kedua mencakup fokus yang kuat pada penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama minggu 1. Peserta bekerja dalam kelompok mengembangkan proposal intervensi kesehatan digital untuk mengatasi masalah kehidupan nyata (sebaiknya masalah yang dihadapi peserta di rumah mereka negara). Presentasi diberikan pada akhir minggu kedua dengan garis besar proposal proyek. Proposal tertulis diajukan untuk ujian pada Jumat sore, setelah mempertimbangkan masukan yang diterima atas presentasi tersebut.
Penilaian
Peserta yang ingin diperiksa dan/atau memperoleh SKS wajib mengikuti tugas mata kuliah sebagai berikut:
Minggu pertama: Ujian buku terbuka dengan kombinasi pertanyaan pilihan ganda dan tipe esai.
Minggu kedua: Tugas kelompok berfokus pada pengembangan Intervensi Kesehatan Digital (proyek). Pemeriksaan dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kelompok menyampaikan presentasi pada akhir minggu kedua, ditambah dengan garis besar proyek intervensi kesehatan digital mereka.
Aplikasi
Kami mengembangkan kursus campuran "Perspektif Global tentang Kesehatan Digital", yang ditujukan untuk profesional kesehatan menengah dan senior yang tertarik untuk memperbarui kompetensi mereka di bidang kesehatan digital. Kami juga membidik para profesional yang ingin memasukkan komponen kesehatan digital dalam program/proyek yang mereka kelola di berbagai tingkat layanan kesehatan (di Kemenkes, LSM, dll.). Terakhir, kami juga mengharapkan aplikasi dari profesional muda yang tertarik untuk menambahkan kesehatan digital ke dalam portofolio mereka. Kami juga bertaruh pada pembelajaran antargenerasi, mengingat berbagai usia dan latar belakang para peserta.
Kriteria penerimaan
- Pelatihan akademik minimal setingkat sarjana atau sederajat, di bidang kedokteran, kesehatan masyarakat atau bidang lain yang terkait dengan perawatan kesehatan, seperti ilmu kesehatan, ilmu lingkungan, ekonomi, biostatistik, ilmu sosial atau keperawatan
- Dua tahun pengalaman kerja yang relevan, termasuk pengalaman kerja di lingkungan berpenghasilan rendah dan menengah.
- Kemahiran dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan
- Literasi komputer ditunjukkan dengan kemampuan mengunggah dokumen elektronik secara benar dan mandiri dalam sistem aplikasi online.
- Motivasi untuk program, ditunjukkan dengan surat motivasi yang menyatakan mengapa pelamar ingin mengikuti kursus khusus ini.
Prosedur aplikasi
Paket aplikasi jatuh tempo dua bulan sebelum dimulainya kursus.
Silakan unggah aplikasi Anda secara online. Dokumen-dokumen berikut harus diunggah:
- CV yang diperbarui
- Surat motivasi satu halaman
- Salinan ijazah dan laporan nilai Anda
- Daftar riwayat hidup terbaru dan daftar publikasi jika berlaku
Apa yang kami harapkan dari surat motivasi Anda:
Harap tunjukkan dalam surat motivasi Anda mengapa Anda ingin mengikuti kursus khusus ini, mengapa Anda ingin mengikuti kursus di KIT Amsterdam, apa yang Anda harapkan untuk dipelajari dan bagaimana Anda akan menerapkan kompetensi yang baru Anda peroleh dari kursus tersebut dalam pekerjaan Anda, manfaat apa yang akan dibawanya ke karir masa depan Anda, dll. Jelaskan masalah relevan yang Anda alami dalam dua tahun terakhir yang ingin Anda diskusikan selama kursus khusus ini. Motivasi Anda harus sekitar -1 halaman. Tolong jangan ulangi CV Anda lagi.
Kursus ini dapat diambil sendiri, sebagai modul lanjutan dari program Magister Kesehatan Internasional (MIH).
Bekerja sama dengan
Galeri
Penerimaan
Kurikulum
Content
Isi kursusnya adalah:
- Mendefinisikan kesehatan digital, prinsip dan klasifikasi
- Peluang dan keterbatasan kesehatan digital di LMICs
- Mensurvei permintaan dan kelayakan solusi kesehatan digital
- Panduan penerapan intervensi kesehatan digital
Learning methods
Kursus ini dirancang dengan model inovatif – mirip dengan hackathon dan sprint data, yang sering kali merupakan pendekatan standar untuk mengembangkan keterampilan teknis. Dalam metodologi “sprint”, sambil mempelajari konsep dasar, peserta juga dapat memperoleh dan mengembangkan keterampilan terapan yang mengembangkan proyek untuk mengatasi masalah kesehatan nyata. Kami mendorong literasi perangkat dan korpus, mengalokasikan banyak waktu untuk persiapan kursus, tutorial langsung, laboratorium praktik, dan interaksi dengan mitra, fasilitator, dan ceramah utama.
Kami merencanakan berbagai kegiatan untuk melatih pengetahuan teoretis tentang kesehatan digital dan mendapatkan gambaran umum tentang keterampilan praktis yang diperlukan untuk menyusun, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi intervensi kesehatan digital. Dengan menggunakan Perspektif Pembelajaran Aktif, ciri utama kursus ini adalah strategi “langsung”, yang memungkinkan peserta untuk menerapkan pengetahuan yang diperolehnya selama kursus secara real-time. Sifat lokakarya pada minggu kedua adalah kesempatan untuk bekerja dalam kasus-kasus skenario nyata yang menantang.
Week 1
Ceramah yang berfokus pada konsep-konsep utama kursus; Tutorial paralel adalah sesi praktis yang bertujuan untuk memperkenalkan bidang DH atau teknik tertentu; Lab dan kerja terbimbing adalah momen di mana siswa mempunyai kesempatan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari untuk mencoba memecahkan masalah praktis.
Week 2
Ceramah; Tutorial paralel; Laboratorium, dan kerja terbimbing selama minggu kedua mencakup fokus yang kuat pada penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama minggu 1. Peserta bekerja dalam kelompok mengembangkan proposal intervensi kesehatan digital untuk mengatasi masalah kehidupan nyata (sebaiknya masalah yang dihadapi peserta di rumah mereka negara). Presentasi diberikan pada akhir minggu kedua dengan garis besar proposal proyek. Proposal tertulis diajukan untuk ujian pada hari Jumat sore, setelah mempertimbangkan masukan yang diterima atas presentasi.
Assessment
Peserta yang ingin diperiksa dan/atau memperoleh SKS wajib mengambil tugas mata kuliah sebagai berikut:
Minggu pertama: Ujian buku terbuka dengan kombinasi pertanyaan pilihan ganda dan jenis esai.
Minggu kedua: Penugasan kelompok yang fokus pada pengembangan (proyek) Intervensi Kesehatan Digital. Ujiannya dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kelompok tersebut menyampaikan presentasi pada akhir minggu kedua, ditambah dengan garis besar tertulis proyek intervensi kesehatan digital mereka.
Hasil Program
Objectives
Week 1:
Pada akhir minggu pertama, peserta akan dapat:
- Menjelaskan prinsip dan konsep kesehatan digital, termasuk pengaruh kesehatan digital terhadap perilaku kesehatan dan sistem kesehatan.
- Diskusikan intervensi kesehatan digital sebagai cara untuk mengatasi tantangan kesehatan di berbagai situasi.
- Diskusikan peluang dan keterbatasan yang ditimbulkan oleh intervensi kesehatan digital dalam menyediakan Cakupan Kesehatan Universal di negara-negara berpenghasilan tinggi, rendah, dan menengah.
- Mengenali dan mengatasi masalah etika dan tata kelola data yang terkait dengan kesehatan digital.
Week 2:
Pada akhir minggu pertama, peserta akan dapat:
- Mengembangkan strategi pemecahan masalah yang strategis menggunakan kesehatan digital untuk mengatasi tantangan di sektor kesehatan.
- Menggabungkan keterampilan teknis, analitis, dan jaringan untuk mengembangkan dan menanamkan intervensi kesehatan digital dalam pendekatan sistemik.
- Mengembangkan dan mengevaluasi potensi alat dan strategi digital dalam berbagai situasi (mengakui karakteristik, kekuatan, kelemahan, dan kinerjanya saat diterapkan).