Keystone logo

Charles University Faculty of Arts

A logo

pengantar

“Sejak awal studi saya, saya membuat prinsip saya bahwa setiap kali saya menemukan pendapat yang lebih benar, saya akan segera meninggalkan pendapat saya sendiri yang kurang benar dan dengan senang hati menerima pendapat yang lebih dibenarkan, mengetahui bahwa semua yang kita ketahui hanyalah sebuah fragmen yang sangat kecil dari apa yang tidak kita ketahui.”

Jan Hus, filsuf dan pembaru Gereja, alumnus Fakultas Seni Rupa

Fakultas Seni di Universitas Charles saat ini merupakan salah satu lembaga penelitian dan pendidikan terbesar dan terpenting dalam seni dan humaniora di Eropa Tengah. Fakultas didirikan pada 1348 oleh raja Ceko dan kemudian Kaisar Romawi Suci Charles IV yang menetapkannya sebagai salah satu dari empat fakultas universitas Praha, yang kemudian dinamai menurut namanya Universitas Charles - universitas tertua di Eropa Tengah di timur Prancis dan utara Pegunungan Alpen. Sejak itu, telah menjadi pusat intelektual tanah Ceko: alumni Fakultas, perbuatan dan ide mereka, telah membentuk masyarakat dan budaya Ceko dan pada saat-saat penting dalam sejarah Ceko, Fakultas Seni selalu berada di sangat inti dari acara.

Apakah Anda tahu bahwa…

… Departemen Studi Mesir telah bekerja di Mesir selama lima puluh tahun terakhir dan telah membuat penemuan yang signifikan? Penemuan mereka tentang makam seorang ratu Mesir yang tidak dikenal di Abusir pada musim gugur 2014 terpilih sebagai salah satu dari 10 penemuan arkeologi terbesar pada tahun 2014.

… pada tahun 2014, Profesor Tomáš Halík dianugerahi Penghargaan Templeton yang bergengsi, yang diberikan kepada orang-orang yang “memberikan kontribusi luar biasa untuk menegaskan dimensi spiritual kehidupan”?

… Profesor Martin Hilský menerjemahkan karya lengkap William Shakespeare ke dalam bahasa Ceko?

Sejarah

Fakultas Seni didirikan sebagai salah satu dari empat fakultas asli Universitas Charles - lembaga pendidikan tinggi tertua di Eropa Tengah - dengan mengeluarkan Piagam Yayasan pada 7 April 1348. Charles IV, dalam mengejar kebijakan negara dan dinastinya, berusaha keras untuk mendirikan Kerajaan Bohemia sebagai pusat Kekaisaran Romawi Suci. Rencananya adalah memusatkan para sarjana dari dalam dan luar negeri di Praha, yang menjadi kota tempat tinggalnya, dan dengan demikian memperkuat basis kekuasaannya. Pada masa pra-Hussite, dua pertiga dari semua mahasiswa universitas adalah mahasiswa Fakultas Seni dimana mereka memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk dapat belajar di tiga fakultas lainnya (teologi, kedokteran, hukum). Salah satu hak istimewa yang dinikmati oleh fakultas adalah hak untuk menganugerahkan gelar master dan doktoral yang memberi hak kepada pemiliknya untuk mengajar di universitas mana pun di Eropa.

Selama dua abad setelah perang Hussite, Fakultas Seni Liberal adalah jantung dari seluruh universitas. Sejak abad ketujuh belas disebut Fakultas Filsafat. Dari awal hingga pertengahan abad kesembilan belas, itu berfungsi sebagai fakultas yang programnya dirancang untuk memberikan pendidikan tinggi persiapan bagi mahasiswa masa depan dari fakultas lain. Sejak abad kedelapan belas dan seterusnya, jumlah disiplin ilmu mulai meningkat: selain filsafat, dimungkinkan untuk mempelajari estetika, matematika, astronomi, ilmu alam, teknik, ekonomi, pendidikan dan sejarah. Pada abad kesembilan belas, selain studi oriental, arkeologi dan studi agama, perkembangan signifikan terjadi di bidang filologi dan gelar di Ceko, Italia, Prancis, Inggris dan Ibrani diperkenalkan. Setelah reformasi 1849-1850, fakultas dibebaskan dari fungsi propaedeutic dan memperoleh setara dengan fakultas lain. Pada tahun 1897, perempuan diizinkan untuk belajar di Fakultas Filsafat.

Fakultas mempertahankan signifikansinya di tanah Ceko bahkan setelah pembagian Universitas Praha menjadi bagian Ceko dan bagian Jerman pada tahun 1882. Selama apa yang disebut Republik Cekoslowakia Pertama (1918–1938), kehidupan universitas dibentuk secara khusus dengan pemisahan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 1920 dan dengan akuisisi gedung baru di tanggul Vltava – gedung di mana Anda masih dapat menemukan sebagian besar departemen dan ruang kuliah. Penutupan Fakultas oleh pendudukan Nazi pada tahun 1939 diikuti oleh penganiayaan brutal terhadap guru dan siswa. Tahun-tahun yang produktif dan antusias setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua berakhir dengan kekerasan pada tahun 1948 dengan kudeta komunis dan empat puluh tahun berikutnya rezim komunis. Kepergian paksa dari lusinan guru yang luar biasa dan pengenalan mata pelajaran Marxis-Leninis mengakibatkan penurunan pesat penelitian dan pengajaran. Harapan untuk perubahan sosial yang meluas di akhir 1960-an, apa yang disebut "Musim Semi Praha" di mana Fakultas mulai mengundang kembali tokoh-tokoh penting pada waktu itu, seperti filsuf Jan Patočka, dihancurkan oleh invasi Soviet pada Agustus 1968. Pada Januari 1969, Jan Palach, seorang mahasiswa Fakultas, bunuh diri dengan bakar diri sebagai protes politik. Alun-alun tempat gedung utama berada dan perpustakaan pusat Fakultas Seni menyandang namanya. Setelah jatuhnya rezim komunis dan kepergian para pengikutnya yang dikompromikan pada tahun 1989, Fakultas memantapkan dirinya sekali lagi sebagai salah satu lembaga paling bergengsi di bidang humaniora baik di Republik Ceko maupun di Eropa Tengah.

Lokasi

  • Faculty of Arts Charles University in Prague Jan Palach Square 2 116 38 Prague 1, , Prague

pertanyaan